bagi anda yang masih ragu untuk mengganti hhd anda menjadi ssd, biasanya keraguan itu karna :
1. Harga
2. Kompetibel
3. Ukuran

untuk harga memang untuk ssd harganya pun lebih mahal hingga mencapai 10 x lipat, yang biasanya dengan harga 600rbu kita bisa mendapatkan hdd yang ukuranya mencapai 500 gb namun untuk ssd kita perlu merogoh kocek 4-5 juta rupiah, tergantung merek.

lalu kompetibel, banyak forum forum yang membicarakan tentang ini, dari " kok laptop saya ngak bisa menggunakan ssd ?" atau " saya sudah beli tapi ukuranya tidak cukup " dan " slot di laptop saya berbeda dengan ini" nah ini yang membuat ragu untuk membeli, jika laptop anda menggunakan i3 ke atas bisa menggunakan ssd, karna i3 sudah suport dengan ssd.

lalu ukuran , semua laptop yang saya temui sudah menggunakan hdd dengan ukuran 2,5 ", jarang sekali dengan yang menggunakan ukuran 3,5" mungkin laptop jadul menggunakan hdd dengan ukuran ini,  tapi saya pernah membongkar laptop acer saya lupa serinya, slot hardisnya berbeda dengan yang lain, dia mengunakanslot tambahan untuk hddnya, jadi untuk laptop acer cek dulu sebelum membeli. slotnya bisa di copot namun tidak bisa di asukan ke dalam ssd.

di atas adalah yang biasa membuat keraguan namun ini yang membuat anda tergiur menggunakan ssd, pengalaman saya yang telah menggunakan SSD Kingston HyperX 120 Gb, meman ukuranya kecil namun handal, kenapa di sbut handal, sebelum saya mengunakan ssd booting mencapai 1 menit bisa lebih sampai lebih, hitungan saya booting itu sampai dia bisa membuka suatu aplikasi bukan sampai menu desktop, namun setelah menggunakan SSD boot tidak lebih dari 20 detik dan setelah masuk menu desktop langsung bisa membuka suatu aplikasi. tidak memerlukan waktu menunggu lagi. lalu untuk transfer rate nya, di sini saya meggunakan aplikasi untuk menghitung, untuk hdd hanya mencapai 40-50 mb/s, SSD Kingston HyperX transfer rate 150-250 mb/s. masih ragu mengunakan ssd ??

0 comments:

Post a Comment

 
Top